Di Tangan Prof Husain Syam, UNM Berhasil Raih Peringkat ke-3 PTN Terbaik Se-Indonesia Timur

0 Komentar

Foto : Istmewa

PANAHNEWS.com.,MAKASSAR — Pemeringkatan atau klusterisasi perguruan tinggi selalu menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan. Tidak sedikit calon mahasiswa pun kini menjadikan peringkat kampus sebagai acuan sebelum memasuki dunia kuliah.

Seperti yang diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah merilis sederet kampus terbaik di kawasan Indonesia Timur. Salah satu kampus terbaik yang disebutkan yakni Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM).

Kampus yang bericon Pinisi itu kini semakin memperlihatkan kemajuannya. Pasalnya, selama dimasa kendali Rektor Prof Husain Syam kampus yang beralmamater orange itu akhirnya mampu menembus urutan ke-7 kampus terbaik se-Indonesia dan menempati urutan ke-3 untuk kampus terbaik di kawasan Indonesia Timur.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, atas pencapaian yang spektakuler ini. Capaian ini bukan hal yang muda. Karena itu saya selaku rektor hanya bisa berucap dengan selalu bersyukur Alhamdulillah dengan hal seperti ini,” kata Prof Husain Syam saat dikonfirmasi, Senin 25 Januari 2021.

Prof Husain mengatakan, capaian tersebut bukan hanya dari dirinya sendiri akan tetapi hal itu merupakan hasil kerjasama dan kerja keras dari seluruh elemen yang turut membangun demi kemajuan kampus UNM.

“Jadi capaian ini diperoleh tentunya merupakan atas kerjasama, kerja keras, dan sinergitas diantara seluruh elemen untuk sama-sama kita memajukan kampus UNM. Jadi kedepan harapan kami semoga prestasi ini ditingkatkan lagi paling tidak mempertahankan,” terang Guru Besar kelahiran Polman itu.

Sekedar diketahui, Kemendikbud telah merilis pemeringkatan sejumlah kampus terbaik di kawasan Indonesia Timur. Kawasan itu meliputi Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Dari data pemeringkatan itu, disebutkan bahwa pada bulan agustus 2020, Kemendikbud secara resmi mengumumkan peringkat perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Penilaian itu dibagi menjadi beberapa kluster sesuai indikator penilaian yang digunakan. Penilaian yang dilaksanakan Kemendikbud pada tahun ini melibatkan 2.136 kampus di Indonesia.

Hasil klusterisasi tersebut akan digunakan menjadi landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi dalam melaksanakan perbaikan terus-menerus yang bertujuan meningkatkan performa dan kesehatan organisasi.

Penyusunan klusterisasi ini memakai empat jenis sumber data. Keempatnya ialah sebagai berikut:

Data dari Pangkalan Data Dirjen Pendidikan Tinggi (PD Dikti)

Data yang tidak tercakup di PD Dikti tetapi merupakan hasil penilaian dari unit kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Data yang belum tercakup di PD Dikti tetapi dikumpulkan secara terstruktur oleh unit kerja dan sangat relevan dengan klusterisasi perguruan tinggi.

Data dari eksternal Kemendikbud tetapi sudah mapan dan dapat menggambarkan kualitas perguruan tinggi, yakni data akreditasi, kinerja penelitian, inovasi, data pengabdian masyarakat, dan data publikasi terindeks Scopus

Kemendikbud memberlakukan empat indikator penilaian, yakni Input, Proses, Output, dan Outcome. Masing-masing indikator ini terdiri atas sejumlah kriteria penilaian.

Adapun 5 kampus terbaik di kawasan Indonesia Timur versi Kemendikbud 2020. Tiga dari lima kampus berada di Pulau Sulawesi dengan status Perguruan Tinggi Negeri atau PTN.

1. Universitas Hasanuddin atau dikenal dengan sebutan Unhas berhasil menjadi kampus terbaik di Indonesia Timur. Selain di Indonesia Timur, Unhas juga merupakan kampus terbaik di luar Pulau Jawa yang berlokasi di Kota Makassar.

2. Peringkat kedua ditempati oleh Universitas Udayana. Lokasinya berada tepat di pusat Kota Denpasar, Provinsi Bali.Universitas ini menjadi salah satu kampus tervaforit di Indonesia, mahasiswanya sendiri bukan hanya berasal dari wilayah Bali-Nusa Tenggara, melainkan seluruh Indonesia.

3. Menempati peringkat ke-3, Universitas Negeri Makassar atau dikenal dengan sebutan (UNM) merupakan kampus berbasis Pendidikan terbaik di wilayah Indonesia Timur, berdiri pada 1 Agustus 1961 pada awalnya UNM bernama Istitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Makassar, statusnya meningkat menjadi Universitas secara resmi pada 1999.

Bersama Universitas Hasanuddin, UNM merupakan kampus paling bergengsi di Indonesia Timur. Bahkan kampus beralmamater orange itu mampu menembus urutan ke-7 kampus terbaik se-Indonesia.

4. Universitas Sam Ratulangi sering disingkat dengan sebutan UNSRAT adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Kota Manado, provinsi Sulawesi Utara. Pada 2020, Unsirat berhasil menembus peringkat ke-4 sebagai kampus terbaik di Indonesia Timur.

5. Posisi terakhir diisi oleh Universitas Mataram, kampus yang terletak di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini merupakan kampus terbaik di kawasan Nusa Tenggara.

Penulis : Iful
Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar