KMPP Desak Dprd Polman Anggarkan Mobil Pemadam

0 Komentar

Foto : KMPP Sambangi DPRD Polman

PANAHNEWS.com., POLMAN– Musibah kebakaran yang kerap terjadi di Kabupaten Polewali Mandar menjadi perhatian serius Kualisi Masyarakat Peduli Polman (KMPP) terlebih belum lama ini musibah kebakaran yang terjadi di Kecamatan Polewali menewaskan 3 orang.

Kesiapan pemadam kebakaran tentu menjadi hal yang paling penting yang sangat diharapkan masyarakat sebagai garda terdepan dalam melawan amukan sijago merah. Namun Kesiapan para pemadam tentu harus didukung dengan armada atau fasilitas yang baik.

Ketua Koalisi Masyarakat peduli Polman, Kadir saat dihubungi Panahnews.com menuturkan persoalan pemadam kebakaran di Polman sudah sejak lama menjadi perbincangan, fakta bahwa beberapa unit mobil pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Polewali Mandar yang sudah tua dan hanya beberapa unit saja yang bisa operasikan.

Coba kita pikirkan kondisi geografis dan luas wilayah Kabupaten Polewali Mandar yaitu 2.022,30 km² terbagai menjadi 16 Kecamatan sehingga menjadi suatu hal yang sangat diperlukan diperhatikan pemerintah daerah agar menyediakan sarana mobil damkar yang memadai dengan kondisi geografis Polman.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pada Pasal 154 tentang tugas dan wewenang DPRD Kabupaten/Kota diantaranya yaitu : membentuk Perda Kabupaten/Kota bersama bupati/wali kota, membahas dan memberikan persetujuan rancangan Perda mengenai APBD kabupaten/kota yang diajukan oleh bupati/wali kota, selanjutnya dalam Pasal 149 tentang Fungsi DPRD Kabupaten/Kota ditegaskan bahwa DPRD memiliki fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Selain dari pada itu perlunya pembentukan nomenklatur terkait Dinas Pemadam Kebakaran berdasarkan ketentuan Permendagri No. 16 tahun 2020 tentang Pedoman Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka kami dari Koalisi Masyarakat Peduli Polman yang disingkat dengan KMPP, dengan ini menyatakan :

Mendesak pihak DPRD Kabupaten Polewali Mandar untuk memasukkan pengadaan Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Polewali Mandar tahun anggaran 2021 berdasarkan standar kualifikasi mobil pemadam kebakaran (bukan mobil tangki atau sejenisnya).

Mendesak pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Polewali Mandar melalui pihak DPRD Kabupaten Polewali Mandar untuk membentuk nomenklatur tersendiri terkait kelembagaan pemadam kebakaran sehingga dapat menjalankan fungsi dan tugas sebagaimana mestinya.

Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar