Prof Husain Syam, Beberkan Rahasia Sukses Pimpin UNM

0 Komentar

Foto : Rektor UNM Prof. Husain Syam

PANAHNEWS.com., Makassar — Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam membeberkan rahasia sukses memimpin UNM. Hal ini disampaikan dalam acara webinar Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi UNM. Kegiatan yang mengusung tema “Lakon Pendidikan Digital dalam Perspektif Media di Era Kelimpahan” berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Sabtu (28/11/2020).

Prof Husain Syam, yang didaulat menjadi pembicara kunci, membeberkan rahasia sukses Ia membawah UNM sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia Timur yang berhasil meraih Akreditasi A.

“Seorang pemain bola yang baik akan mengejar di mana bolanya berada. Tetapi pemain bola yang hebat akan mengejar di mana bolanya akan mengarah.”

Mantan Dekan Fakutas Teknik itu menuturkan bahwa dia senantiasa mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi hari ini. Iya juga berpesan, bahwa ” kedepan tantangan kita, adalah menghadapi perubahan yang begitu cepat untuk itu mulai saat ini kita harus mempersiapkan itu”

Sekarang kita berada di era disrupsi. Telat jika kita masih menyiapkan diri menghadapi revolusi 4.0. Kita justru seharusnya sudah bersiap menghadapi era selanjutnya, yakni era kelimpahan atau Abundance era,” jelasnya.

Gaya berpikir harus selangkah lebih maju inilah yang saya lakukan dalam mengambil keputusan-keputusan selama ini dalam mengelola UNM empat tahun terakhir ini.

Alhamdulillah hari ini UNM kondisinya menjadi semakin baik. Dalam waktu dekat ini UNM akan memperluas investasinya, dengan mendirikan SPBU UNM , dan merenovasi Hotel Lamacca menjadi 10 lantai ini juga sebagai bukti bahwa kita adalah kampus yang berlabel Interpreneur.

Tidak hanya itu, UNM juga akan segera membuka beasiswa untuk mahasiswa internasional. Utamanya untuk generasi muda korban perang di Palestina, Suriah, Rohingya dan lainnya.

Prof Husain Menambahkan, sejak 2006, UNM sudah menyiapkan diri menghadapi pendidikan era digital dengan hadirnya elearning.unm.ac.id. Bahkan jauh sebelum pandemi covid-19 merebak, UNM sudah melakukan perkuliahan dengan sistem blended learning (menggabungkan luring dan daring) melalui spada, kelase, LMS, MIPAlearn, dan lainnya.

Sekarang ini UNM menghadirkan Syam-OK (System Application Manajemen Open Knowledge) yang mengintegrasikan pembelajaran Synchronous dan Asychronous, termasuk data mahasiswa, SIA, Sinta, dan berbagai sistem lainnya yang selama ini terpisah-pisah.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar