Pemerintah Kecamatan Luyo, KPM-PM, Dan Pemuda Tani Luyo Lakukan Penanaman Holticultura

0 Komentar

PANAHNEWS.com., POLMAN–Pemerintah Kecamatan Luyo bersama Kesatuan Pelajar Mahasiswa Polewali Mandar (KPM-PM) Cabang Luyo periode 2020-2021 dan Pemuda Tani Luyo Melakukan Penanaman awal Tanaman Holticultura, di desa Mambu Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar, Jum’at (20/11/2020).

Kegiatan Penanaman ini merupakan percontohan dari tiga aspek, aspek pertama yaitu bagaimana membudidaya tanaman-tanaman sayuran Holticultura yang umurnya singkat 20-30 hari, kedua adalah untuk mendesain tekhnis pertanaman agar bisa berkelanjutan dan Panennya setiap hari, Ketiga dijadikan sebagai media belajar untuk kelompok pemuda dan petani tradisional yang datang berkunjung, Melihat dan akan diedukasi bahwa model seperti ini yang memungkinkan kita mendapatkan nilai tambah ekonomi pendapatan secara harian.

Camat Luyo Moh. Jumadil mengungkapkan konsep yang akan dilaksanakan adalah Natural Pertanian organik dan Model pendapatan setiap bedengan itu Minimal 150 ribu Perhari.

“Konsep yang akan kita dorong juga adalah non pestisida, non kimia, kita berharap natural pertanian organik sehingga ramah bagi kesehatan dan model bedengan yang kita akan panen itu sudah kita desain pendapatan yang kira-kira akan didapat itu minimal 150 ribu perbedengan perhari itu yang akan kita contoh. Nah, dengan model itu bisa mendorong masyarakat mereka agar pendapatannya tetap dengan model bedengan seperti itu, model itu yang akan kita terapkan,”ungkapnya.

Lebih lanjut ia berharap kepada Mahasiswa dan Pemuda yang ada dikecamatan Luyo agar menjadi Pioner yang memulai dan berintegrasi dengan pemerintah kecamatan Luyo.

“Saya berharap kepada adik-adik mahasiswa maupun pemuda-pemuda yang ada di kecamatan luyo agar dapat menjadi Pioner untuk memulai, Termasuk juga dengan berintegrasi dengan Penyuluh pertanian, Penyuluh KB, KUA, dan juga masyarakat yang ada disekitaran itu karna itu juga upaya yang dilakukan untuk merangkul mereka supaya tidak merasa tersisihkan tapi mereka dilibatkan didalamnya,”harapnya.

Disisi lain, Fitriani Kordinator Media dan Publikasi periode 2020-2021 berharap agar Pemerintah kecamatan Luyo, teman-teman Kpm-pm dan pemuda tani Luyo tetap semangat dalam bertani karena menjadi petani yang sukses harus penuh perjuangan.

” Saya berharap kepada Pemerintah Kecamatan Luyo agar semangatnya dalam bertani tidak pernah kendor karena bertani adalah pilihan, maka menjadi petani yang sukses harus penuh perjuangan dan siapa yang menabur benih, dia pula yang akan memanen,”harap mahasiswa angkatan 2018 tersebut. (*)

Penulis : Rilis
Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar