Rektor UNM Dorong Para Guru Miliki Jiwa Enterpreneur

0 Komentar
Foto : Prof Husain Syam Saat Selesai Penyampaikan Materi

Foto : Prof Husain Syam Saat Selesai Penyampaikan Materi

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam menyampaikan perlunya para guru agar memiliki jiwa enterpreneur dalam menghadapi perkembangan zaman saat sekarang ini.

Hal itu diungkapkan Prof Husain Syam saat tampil jadi pembicara pada webinar Nasional bertajuk ” Sucikan Hati, Ikhlas Dalam Bekerja” yang diselenggarakan oleh Dinas pendidikan dan Kabudayaan Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, pada Jumat (21/11/2020).

Dalam webinar tersebut, Prof Husain Syam, menekankan perlunya para guru di era saat ini untuk memiliki jiwa enterpreneur.

“Di zaman saat sekarang ini tentunya tantangan sangat begitu kompleks, olehnya itu kita harapkan para guru bisa memiliki jiwa enterpreneur, sehingga kedepannya mampu selalu berinovasi dan berkreasi dalam melaksanakan proses pembelajaran,” kata Prof Husain

Prof Husain menyebut, UNM dalam kurung waktu 1 tahun terakhir ini telah melabelkan diri sebagai kampus enterpreneur.

“Kami di UNM telah melabelkan sebagai kampus enterpreneur. Hal itu dilakukan karena kami ingin lahirkan para guru-guru yang memiliki jiwa enterpreneur,” ujarnya.

Menurut Prof Husain, guru merupakan sebagai penggerak utama proses yang melahirkan generasi bangsa yang unggul. Olehnya itu, kata dia, guru harus dibangun dulu jiwanya baru dibangun raganya.

“Makanya saat ini kami bekali dulu para guru sebab nantinya dia yang akan melahirkan generasi bibit unggul. Dan siswa hari ini tentunya harus diberikan ruang untuk berkreasi agar mampu menggalih potensi dalam dirinya,” tutur Prof Husain.

Ke depan, kata Prof Husain, Siapapun alumni dari UNM tentunya akan bisa berkontribusi. Sebab, setelah melalui proses pendidikan di UNM diharapkan bisa melahirkan guru yang memahami prinsip enterpreneur dan selalu mampu beradaptasi serta berinovatif disemua kondisi.

“Karena saya merasa bertanggung jawab untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas, tentu kita sangat bersyukur bahwa dua guru besar UNM menduduki posisi sebagai kepala Dinas yakni Prof Jufri di Sulsel dan Prof Gufran di Sulbar tentu kita titipkan mereka atas nama UNM,” katanya

“Jadi tentu kita akan melakukan Evaluasi 3 tahun ke depan apakah mereka mampu membawa perubahan di dunia pendidikan. Tentunya juga ini agar mampu melahirkan pemimpin masa depan bangsa yang lebih berkualitas untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara Maju,” sambung Prof Husain

Lebih jauh, Prof Husain menambahkan, bahwa pihaknya sangat mendukung penuh kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Karena menurut dia, dengan adanya kebebasan dalam mengajar tentunya akan mampu membuat para guru lebih berkreasi dan berinovasi untuk memberi pelajaran bagi para penerus bangsa.

“Tentu kita juga sangat mendukung kebijakan menteri pendidikan dan kebudayaan bapak Nadiem Makarim, kebijakan beliau memberikan kebebasan dalam mengajar, sehingga kita mampu berkreasi dan berinovasi untuk memberikan pelajaran bagi para generasi penerus bangsa sehingga tidak terjadi pola belajar yang monoton,” katanya

“Di samping itu tentunya agar kita tidak terkukung dalam satu fenomena saja, kita harus melakukan aksi nyata untuk membuat sistem pendidikan yang ideal dalam membangun generasi penerus bangsa. Karna itulah yang kita harapkan,” terang Prof Husain.

Penulis : Iful
Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar