Mentan RI dan Rektor UNM Kolaborasi Bahas Agropreneur

0 Komentar
Foto : Rektor UNM Saat Menyambut Menpan RI

Foto : Rektor UNM Saat Menyambut Menpan RI (Istimewa )

PANAHNEWS.com., MAKASSAR– Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Makassar (UNM), Kegiatan dilaksanakan secara daring dan luring dengan tema “Penguatan Kompetensi Agropreneur Mahasiswa Menuju Swasembada Pangan Indonesia,” yang dihelat di Ruang Teater, Menara Pinisi UNM Lantai 3, Sabtu (14/11/2020)

Kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan juga secara daring. Pada kesempatan itu, Syahrul Yasin Limpo didampingi sejumlah pejabat Kementan.

Sementara dalam lingkup UNM di hadiri para Wakil Rektor, para dekan dan seluruh unsur pimpinan dan civitas Akademika UNM.

Pada kesempatan itu, Rektor UNM Prof Husain Syam dalam sambutannya mengungkapkan civitas akademika UNM rindu dengan Syahrul Yasin Limpo yang pernah memimpin Sulawesi Selatan selama 10 tahun.

“Tentu kita rindu dengan sosok beliau, 10 tahun memimpin Sulsel, Alhamdulillah hari ini beliau bisa hadir bersama kita”

Selain itu, acara kuliah umum dan kehadiran menteri pertanian merupakan bagian dari proses akademik sehingga kampus mampu menghadirkan para ahli dalam membincang problematika yang terjadi di masyarakat sebagai upaya kita untuk mengambil peran nyata.

“Kuliah umum memang program yang kita canamkan, kita hadirkan menteri pertanian karena beliau sangat paham dengan situasi bangsa khususnya pada sektor pertanian. Perguruan tinggi harus selalu menyikapi peroblematika yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu dalam paparannya SYL menekankan era teknologi digital tidak hanya mempermudah kerja manusia, tetapi dengan fasilitas teknologi yang ada mampu membuat manusia meraih kesuksesan.

“Era hari ini kita harus mempersiapkan kehidupan itu dengan menyadari peranan yang ada menjadi penting, karena kita berada pada era baru dimana semua terfasilitasi dengan sains riset dan teknologi, inilah era yang berkecukupan. Semua orang bisa maju, bisa setara, kecuali orang yang tidak mau,” jelasnya.

ia menambahkan peranan kampus dalam melakukan inovasi dan mendorong anak muda milenial agar terus melakukan inovasi pada sektor pertanian karena merupakan pilar penting pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kita akan dorong serta terus berkolaborasi agar kampus hari ini terus berinovasi dan para anak muda milenial untuk terus mengelolah pertanian secara modern, Saya harapkan pertanian Indonesia dapat tumbuh sebagai pilar penting pertumbuhan ekonomi Nasional,” terangnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar