Rektor UNM Beri Beasiswa Anak Putus Sekolah di Pulau Karampuang

0 Komentar

Prof Husain Syam Beri Beasiswa anak kurang mampu di Karampuang Kabupaten Mamuju.

PANAHNEWS.com, Mamuju– Sungguh malang nasib yang dialami Mutiara Gadis 16 tahun harus pasrah putus sekolah dikarenakan ekonomi keluarganya yang kurang mampu.

Mutiara Gadis merupakan salah satu pelajar SMA dari Pulau Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat yang memiliki semangat tinggi untuk bersekolah namun harus mengakhiri sekolahnya dikarenakan faktor ekonomi keluarga yang kurang mampu.

Atas kekurangan itu, membuat Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam terenyuh dan segera membantu dengan memberikan bantuan beasiswa hingga ke Perguruan Tinggi.

“Saya memberikan beasiswa Bidikmisi tahun depan buat Mutiara karena semangatnya sangat tinggi untuk melanjutkan pendidikan, lagian anak ini kurang mampu sehingga sepantasnya kita harus membantunya,” kata Prof Husain, saat berkunjung ke Pulau Karampuang Kabupaten Mamuju, Ahad (20/9/2020).

Prof Husain Syam menuturkan, bahwa pendidikan adalah modal penting bagi seluruh anak bangsa. Guru Besar Tekhnik UNM ini pun sepakat agar pelajar dari keluarga kurang mampu harus mendapat prioritas beasiswa untuk menuntaskan sekolahnya di seluruh Indonesia.

“Pendidikan ini modal berharga bagi individu untuk mengembangkan diri, sekaligus mengurangi pengangguran, itulah kenapa masyarakat kurang mampu harus bisa mendapatkan akses pendidikan yang baik dan setara dengan masyarakat lainnya,” ungkap Prof Husain.

Laki-laki kelahiran Polman ini menjelaskan, akses mendapatkan pendidikan yang berkualitas harus dibuka seluas-luasnya bagi seluruh pelajar, termasuk pelajar dari kalangan yang kurang mampu.

“Intinya pendidikan itu juga penting bagi anak-anak kita. Olehnya itu semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas maka disitulah pentingnya memberikan bantuan atau jalan bagi pelajar yang benar benar mau bersekolah terutama yang kurang mampu,” paparnya.

Lebih jauh, Prof Husain Syam menambahkan, masyarakat harus mendapatkan akses penuh dan terbuka terhadap pendidikan secara umum. Pasalnya, pendidikan adalah hak dasar setiap warga negara di mana pun di seluruh dunia. Sehingga kata dia, dengan pendidikan inilah tentunya juga akan menopang perekonomian masyarakat dan negara.

“Betapa pentingnya ini pendidikan, sebab kondisi ekonomi dan pembangunan itu bisa dilihat dari pendidikan jika masyarakat berpendidikan maka kondisi ekonomi juga dipengaruhi sehingga saya mengajak warga Karampuang untuk tetap menyekolahkan anaknya,” terang Prof Husain.

Penulis : Ipul
Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar