Hore! Hari Ini Presiden Jokowi Cairkan Subsidi Gaji Rp 600 Ribu untuk Pekerja

0 Komentar

Presiden Jokowi luncurkan program stimulus ekonomi dengan membagikan bantuan subsidi gaji/upah untuk pekerja di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/8/20).

PANAHNEWS.com, Jakarta–Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai hari ini membagikan program bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 per bulan dengan per orang bagi pekerja berpenghasilan di bawah Rp 5 juta.

Jokowi mengatakan, bantuan subsidi gaji ini disalurkan secara bertahap kepada 15,7 juta pekerja. Pada tahap pertama, 2,5 juta akan menerima dana Rp.600.000 per bulan selama empat bulan.  

“Pemerintah telah meluncurkan banyak sekali stimulus ekonomi. Hari ini kita lengkapi lagi yang namanya tambahan subsidi gaji. Totalnya nanti yang akan diberikan 15,7 juta dan pada tahap pertama ini diberikan Rp2,5 juta pekerja untuk gelombang pertama,” kata Jokowi saat menggelar peluncuran program stimulus ekonomi itu di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/8/20).

Jokowi menjelaskan, bantuan subsidi gaji ini disalurkan ntuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

“Bantuan ini kita berikan kepada para pekerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan, hal ini kami lakukan guna membantu perekonomian masyarakat yang terdampak dengan pandemi ini,” ujar Jokowi.

Perlu diketahui, untuk para pekerja yang dapat subsidi senilai Rp 600.000 tersebut di antaranya kalangan pegawai pemerintah non-ASN, serta pekerja swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Adapun mekanisme penyaluran bantuan subsidi ini diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta yang akan diberikan setiap dua bulan sekali. Sehingga, setiap satu kali pencairan, pekerja akan menerima uang subsidi sebesar Rp 1,2 juta.

Bantuan Subsidi Upah ini juga dilengkapi sejumlah bantuan dan stimulus lain yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Di antaranya ialah Bantuan Sosial Tunai, BLT Desa, Bantuan Subsidi Listrik, Kartu Prakerja, Bantuan Sembako, hingga Banpres Produktif Usaha Mikro.

Mengutip siaran pers BP Jamsostek tanggal 27 Agustus 2020, Bantuan Subsidi Upah ini diberikan kepada para pekerja yang menjadi peserta BP Jamsostek sehingga bantuan yang diberikan pemerintah tersebut menjadi salah satu nilai tambah bagi kepesertaan BP Jamsostek.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya ialah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Penulis : Rilis
Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar