BI Sulbar Dapat Jatah 3.000 Lembar Pecahan Rp75 Ribu yang Siap Didistribusikan ke Masyarakat

0 Komentar

Uang baru Rp75 ribu memiliki sejumlah keistimewaan. Salah satunya, Bank Indonesia (BI) hanya mencetak dalam jumlah terbatas. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah).

PANAHNEWS.com, Mamuju–Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Barat telah menyiapkan 3.000 lembar uang baru edisi khusus pecahan Rp 75 ribu seri peringatan HUT ke-75 RI.

Kepala BI Perwakilan Sulbar, Budi Sudaryono, mengatakan, saat ini pihaknya telah mendapat jatah sebanyak 3000 lembar uang edisi khusus HUT ke-75 Kemerdekaan yang siap distribusikan ke masyarakat bagi yang ingin menukarkannya.

“Jadi kami mendapat jatah dari BI pusat itu sebanyak 3.000 lembar. Kalau dinominalkan Rp 22,5 miliar untuk disediakan ke masyarakat yang ingin menukarkan dan memperoleh uang pecahan ini, ” ungkap Budi Sudaryono, saat dikonfirmasi, Kamis (20/8/20).

Budi menjelaskan, bahwa syarat untuk menukarkan uang pecahan Rp 75 ribu itu sama secara nasional, yakni Warga Negara Indonesia yang telah memiliki KTP, kemudian mendaftar di website ttps://pintar.bi.go.id dengan mengisi data diri di aplikasi, seperti nama pemesan, dan memilih tanggal pengambilannya.

“Bagi warga Sulbar yang ingin memiliki uang edisi khusus tersebut terlebih dahulu mendaftar di website pintar.bi.go.id selanjutnya menyimpan bukti pemesanan lalu mendatangi Kantor BI Sulbar sesuai tanggal pemesanan,” ungkapnya

“Adapun waktu pengambilannya juga terbagi tiga, pertama pada pukul 08.00 hingga pukul 09.00 WITA, kedua pukul 09.00 WITA hingga pukul 10.00 WITA, dan ketiga pada pukul 10.00 hingga pukul 11.00 WITA dan tinggal bawa KTP, asli dan uang tunai senilai Rp. 75.000,” sambung Budi.

Budi juga menjelaskan terkait bagi masyarakat yang tidak tinggal di ibukota Sulbar yakni Mamuju, dan ingin memiliki uang khusus itu, maka bisa mendaftar lewat aplikasi dan diwakili orang lain.

“Jadi penukaran ini bisa diwakili bagi yang jauh dari Mamuju, nanti pada saat pengambilan tinggal memperlihatkan bukti surat kuasa kepada yang mewakili serta memperlihatkan KTP asli,” jelas Budi.

Lebih jauh, Budi menambahkan, bahwa kepemilikan uang baru itu hanya bisa dimiliki per lembar untuk satu orang. Hal itu dikarenakan jumlahnya yang terbilang terbatas.

“Jumlah uang edisi khusus ini kan terbatas jadi kami mengikuti anjuran pusat untuk memiliki uang ini hanya diberikan satu orang per lembarnya,” kata Budi.

Adapun untuk penukaran uang khusus pecahan Rp 75 ribu tersebut, BI Sulbar juga melibatkan lima bank, yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, dan CIMB Niaga yang baru melayani pengambilan uang khusus tersebut mulai 1 Oktober 2020.

“Ada lima bank yang kami libatkan disini, biar masyarakat yang tinggalnya tidak di dalam ibukota provinsi bisa lebih mudah karena bank-bank tersebut ada masing-masing cabangnya di daerah,” terang Budi.

Sekedar informasi, Bank Indonesia sebelumnya telah resmi mengeluarkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) atau uang rupiah khusus edisi Kemerdekaan ke-75 RI dengan nominal Rp 75 ribu.

BI Perwakilan Sulbar mulai melayani warga yang ingin memiliki uang pecahan Rp 75 ribu tersebut mulai 18 Agustus hingga 30 September 2020. Uang itu juga bisa dimiliki masyarakat dengan membelinya seharga Rp 75 ribu.

Penulis : Ipul
Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar