Mau Dapat Uang Pecahan Baru Rp75 Ribu? Begini Cara dan Syaratnya

0 Komentar

Uang Nominal Rp. 75.000. Istimewa

PANAHNEWS.com, Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, telah meluncurkan secara resmi uang pecahan baru Rp75.000.

Peluncuran Uang seri khusus tersebut sekaligus juga untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia  ke-75, yang diperingati pada Senin (17/8/20) kemarin.

Tema dari desain Uang Peringatan Kemerdekaan RI ke- 75 adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan dan menyongsong masa depan gemilang.

Selain itu, Bank Indonesia sendiri juga telah menginformasikan terkait mekanisme dan cara mendapatkan uang seri khusus tersebut dan masyarakat pun dapat menukarkannya secara tunai.

Mengutip keterangan resmi BI,  adapun cara mendapatkan uang tersebut yakni, setiap 1 KTP hanya dapat memperoleh 1 lembar Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Ke-75 RI nominal Rp.75.000.

Sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi Pintar yang ada di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Adapun periode pemesanan penukaran, jadwal dan lokasi penukaran terdiri dari 2 tahap.

Periode pemesanan penukaran tahap pertama mulai hari ini, 17 Agustus 2020 dari pukul 15.00 WIB hingga 30 September 2020 di Kantor Pusat (KP) BI dan 45 Kantor Perwakilan BI Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten.

Untuk periode pemesanan penukaran tahap kedua mulai 1 Oktober 2020 hingga selesai, dengan tempat penukaran di BI (KP dan KPwDN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

Kemudian adapun persyaratan untuk penukaran yakni wajib Warga Negara Indonesia dan Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi Pintar, membawa KPT asli, membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital.

Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan. Terakhir, data pemesan dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.

Penukaran bisa diwakilkan oleh orang lain (perwakilan penukar) dengan syarat membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital, surat kuasa bermaterai cukup, KTP asli pemesan sesuai dengan data yang tertera pada bukti pemesanan, KTP/SIM/Paspor asli perwakilan penukar.

Penulis : Abd Kahar
Tulisan ini berasal dari redaksi

0 Komentar